Temui Sri Sultan HB X Bareng Gibran, Prabowo: Izin Masuk ke Daerah

Dalam langkah politik yang signifikan, pasangan calon nomor 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, terlibat dalam pertemuan selama satu jam dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong Wilis dalam Kompleks Kepatihan. Pertemuan ini, yang dilaporkan oleh detikJogja pada Senin (22/1/2024), melibatkan ketiganya keluar dari Gedhong untuk berbicara dengan media. Formasi tersebut menampilkan Sultan dan Prabowo berjalan berdampingan, dengan Gibran mengikuti di belakang.

Setelah pertemuan, Prabowo membagikan wawasan mengenai tujuan kunjungan mereka, menyatakan bahwa sesuai dengan tradisi budaya, mereka mencari izin dari Sultan sebelum memasuki wilayah tersebut.

“Jadi, sesuai dengan adat kita, ketika ingin masuk ke suatu tempat, kita mendekati orang tertua yang ada di sana. Jadi, kami meminta izin, Pak,” ungkap Prabowo kepada wartawan pada Senin (22/1).

“Yang terpenting, kami bersyukur diterima dengan semangat yang baik oleh Ngarsa Dalem. Kami memohon izin untuk masuk ke wilayah tersebut, dan itu hanya kunjungan sopan di mana kami juga melaporkan dan meminta izin untuk masuk ke daerah tersebut,” tambahnya.

Selama pertemuan, Prabowo mengakui mendapatkan nasihat dari Sultan mengenai berbagai hal, termasuk wawasan mengenai masa depan dan teknologi.

“Beliau [Sultan] memberikan kami nasehat yang kami terima dan juga mencari pandangannya tentang beberapa isu,” tambah Prabowo.

Pertemuan ini memiliki arti penting karena tokoh politik mencari dukungan dan berinteraksi dengan pemimpin lokal, mencerminkan rasa hormat budaya dan adat yang penting dalam tradisi Indonesia. Hasil dari interaksi ini dapat memengaruhi arah kampanye para kandidat dan pandangan mereka di mata pemilih.

Baca juga : Prabowo mengucapkan selamat ulang tahun untuk Megawati

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top