Program Makan Siang dan Susu Gratis Ala Prabowo-Gibran: Solusi Atasi Stunting?

Free chip - Freechips - 9DBIT - 9Dmarket - Game - Gaming - Freechips

Program makan siang dan susu gratis yang diusulkan oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, menjadi sorotan publik setelah debat Capres pamungkas pada Minggu, 4 Februari 2024. Dalam berbagai kesempatan, Prabowo kerap mengulang program ini sebagai solusi fundamental untuk menangani berbagai permasalahan kesehatan masyarakat, termasuk stunting.

Menurut Prabowo, program ini tidak hanya sekadar memberikan nutrisi kepada anak-anak sekolah, tetapi juga dapat membantu menekan angka kematian ibu saat melahirkan serta mengatasi masalah stunting. Ia bahkan menegaskan bahwa makan siang dan susu gratis akan diberikan kepada anak-anak mulai dari usia dini hingga dewasa, bahkan termasuk ibu hamil yang sedang mengandung.

Namun, meskipun dijanjikan kepada 82,9 juta masyarakat Indonesia, termasuk murid, santri, dan ibu hamil, program ini membutuhkan biaya yang sangat besar, mencapai Rp 460 triliun per tahun. Angka ini nyaris setara dengan anggaran pembangunan infrastruktur yang signifikan seperti proyek IKN Nusantara dan pembangunan tol era Jokowi.

Dalam menjawab keraguan publik terhadap efektivitas program ini, beberapa pihak, termasuk dokter dan epidemiolog seperti Dicky Budiman dari Griffith University Australia, menyoroti kelemahan konsep tersebut. Dicky menegaskan bahwa stunting bukan hanya masalah gizi semata, melainkan juga berkaitan dengan faktor-faktor lain seperti akses terhadap pelayanan kesehatan, sanitasi, dan kemiskinan.

Menyikapi hal ini, terdapat keraguan apakah program makan siang dan susu gratis secara langsung dapat menyelesaikan masalah stunting. Beberapa kritikus mengingatkan bahwa pendekatan yang komprehensif, yang mencakup peningkatan akses terhadap pelayanan kesehatan, pendidikan gizi, sanitasi, dan pemberdayaan ekonomi mungkin lebih efektif dalam mengatasi akar permasalahan stunting di Indonesia.

Dengan demikian, sementara program makan siang dan susu gratis dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan asupan gizi bagi masyarakat, upaya pencegahan dan penanganan stunting memerlukan pendekatan yang lebih holistik dan terintegrasi untuk mencapai hasil yang optimal.

Baca juga :  Lombok dan Prabowo-Gibran: Representasi Jalan Tengah dan Optimisme Mengejar Kemenangan

3 thoughts on “Program Makan Siang dan Susu Gratis Ala Prabowo-Gibran: Solusi Atasi Stunting?”

  1. Pingback: Rosan Bantah Connie soal Prabowo Hanya Menjabat 2 Tahun

  2. Pingback: Analisis Kemungkinan Kemenangan Prabowo-Gibran Pilpres 2024

  3. Pingback: Prabowo Optimistis Mempertegas Keyakinan Paslon Nomor Urut 2

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top