Prabowo Subianto Mendominasi ‘Top of Mind’: Unggul dalam Survei Indikator Politik dengan Perolehan 41,4 Persen

Free chip - Freechips - 9DBIT - 9Dmarket - Game - Gaming - Freechips

Survei Indikator Politik yang dilakukan dalam rentang waktu 30 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024 menyoroti dominasi calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, sebagai capres “top of mind” dengan perolehan suara mencapai 41,4 persen. Simulasi ini, yang bertujuan mengukur loyalitas dan spontanitas responden dalam menyebutkan calon yang mereka pilih, memperlihatkan konsistensi Prabowo memuncaki survei dengan perolehan 41 persen.

Dalam konferensi pers daring, Direktur Eksekutif Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi, menjelaskan signifikansi hasil ini. Perolehan suara Prabowo di “top of mind” melebihi pesaingnya, dengan calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, berada di posisi kedua dengan angka 23,2 persen, sedangkan calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menduduki peringkat ketiga dengan perolehan 20,6 persen. Meskipun masih ada sebagian responden yang memilih calon lain (1,3 persen) dan yang belum menentukan pilihan (13,4 persen), jumlah pemilih yang belum menentukan pilihan diperkirakan akan terus mengecil menjelang hari pemilihan.

Baca juga : Strategi Prabowo untuk menangkan 50% suara di sulawesi

Burhanuddin menekankan bahwa simulasi “top of mind” mencerminkan kesetiaan dan ketegasan responden dalam menyebutkan calon pilihannya. Dalam konteks ini, Prabowo Subianto memperlihatkan popularitas yang signifikan di kalangan responden survei.

Selain itu, survei tersebut juga memperlihatkan tren elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran yang tetap tinggi, mencapai 45,79 persen. Meskipun angka ini relatif stabil jika dibandingkan dengan survei pada Oktober-November 2023 yang mencatat elektabilitas Prabowo-Gibran sekitar 39,7 persen, namun keunggulan mereka tetap terjaga. Di sisi lain, elektabilitas pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mengalami peningkatan dari 22,8 persen pada November 2023 menjadi 25,47 persen pada survei terbaru. Sementara pasangan Ganjar-Mahfud terus mengalami penurunan dari 30,0 persen pada Oktober-November menjadi 22,96 persen pada survei terkini.

Sebagai informasi tambahan, survei ini melibatkan 4.560 responden yang dipilih dengan metode wawancara tatap muka menggunakan metode multistage random sampling. Dilaksanakan selama periode 30 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024, survei ini berlangsung sehari sebelum debat ketiga Pilpres 2024 pada 7 Januari 2024. Responden berasal dari seluruh provinsi dengan distribusi proporsional, termasuk oversample di 13 provinsi tertentu. Dengan metode stratified random sampling, ukuran sampel 4.560 responden memiliki toleransi kesalahan sekitar ±2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dengan berbagai variabel yang diperhatikan, hasil survei ini memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang dinamika politik menjelang pemilihan presiden, menyoroti keunggulan dan konsistensi Prabowo Subianto sebagai figur yang mendominasi “top of mind” di antara calon-calon lainnya.

Baca juga : Prabowo subianto membangun visi anti korupsi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top