Prabowo Subianto Melepas KRI dr. Radjiman: Komitmen Kemanusiaan Indonesia untuk Palestina

Jakarta – Pada Kamis (18/1), Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, didampingi oleh KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali, menggelar acara pelepasan keberangkatan kapal rumah sakit TNI KRI dr. Radjiman Wedyoningrat-992 di Dermaga Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta. Kegiatan ini merupakan bagian integral dari upaya pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Palestina, yang menyoroti komitmen Indonesia dalam memberikan dukungan nyata terhadap kesejahteraan dan pemulihan di tengah konflik yang melibatkan wilayah Gaza.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, mewakili pemerintah dan atas nama Presiden RI Joko Widodo, menyampaikan salam kepada seluruh Satuan Tugas (Satgas) Kemanusiaan yang akan berangkat melaksanakan pelayaran Muhibah/Port Visit ke Mesir. Khususnya, di wilayah Gaza yang saat ini mengalami musibah besar akibat serangan yang diluar batas kemanusiaan dan tanpa memperhatikan hukum internasional.

Dalam sambutannya, Menhan Prabowo menyampaikan keprihatinan mendalam terhadap penderitaan besar yang dialami oleh rakyat Gaza. Beliau menekankan bahwa meskipun Indonesia bukan negara yang terlibat dalam konflik tersebut, kita memiliki solidaritas dan tanggung jawab kemanusiaan terhadap saudara-saudara kita di Palestina. “Saya menyampaikan ucapan selamat bertugas kepada saudara-saudara. Saudara-saudara akan melewati kawasan laut yang berbahaya, dan meskipun kita bukan negara yang terlibat dalam perang, kita memiliki solidaritas dan tanggung jawab kemanusiaan terhadap saudara-saudara kita di Palestina,” ungkap Menhan.

Menhan Prabowo juga menegaskan pentingnya kewaspadaan dan solidaritas dalam menjalankan tugas kemanusiaan ini. “Saya yakin dan percaya, Komandan Satgas dan Komandan Kapal akan memimpin saudara-saudara dengan sebaik-baiknya. Tingkat latihan, disiplin, dan semangat saudara-saudara akan membawa kesuksesan dalam menyelesaikan tugas ini,” tambahnya.

Baca juga : Prabowo subianto membangun visi anti korupsi

Beliau juga memberikan pesan kepada awak kapal, “Ingat saudara mewakili seluruh bangsa Indonesia. Jaga kehormatan bangsa Indonesia. Jaga kehormatan TNI, jaga kehormatan Angkatan Laut yang kita banggakan dan dicintai seluruh rakyat Indonesia.”

Pelayaran KRI dr. Radjiman ini akan menempuh rute Jakarta – Belawan – Al Arisi – Jeddah – Batam, sebelum kembali lagi ke Jakarta. Total waktu perjalanan yang ditargetkan mencapai sekitar 52 hari perjalanan. Selama pelayaran, kapal akan membawa serta bantuan kemanusiaan berupa bahan makanan, selimut, pakaian, perlengkapan bayi, pakaian wanita, susu, tenda lapangan, perlengkapan kebersihan, air mineral, perlengkapan ibadah, dan lain sebagainya.

Turut hadir dalam acara pelepasan KRI dr. Radjiman, diantaranya Sekjen Kemhan, Pangkogabwilhan I, Rektor Unhan, Komandan Pushidrosal, Kabaranahan Kemhan, Panglima Kolinlamil, Komandan Kapal KRI dr Radjiman. (Biro Humas Setjen Kemhan)

Baca juga : Strategi Prabowo untuk menangkan 50% suara di sulawesi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top