Prabowo-Gibran Janji Putihkan Utang Petani dan Nelayan

Tim kampanye Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menyatakan komitmen untuk meringankan beban utang yang dialami oleh para nelayan dan petani melalui kredit usaha. Pernyataan ini disampaikan oleh Hashim Djojohadikusumo, Anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, dalam sebuah acara pemenangan di MG Setos, Kota Semarang, pada Minggu (21/1/2024). Hashim menjelaskan bahwa Prabowo dan Gibran berencana untuk menyelesaikan seluruh utang tersebut pada hari kedua dan ketiga setelah mereka terpilih sebagai presiden dan wakil presiden.

Upaya pemutihan utang diharapkan dapat memberikan bantuan signifikan kepada nelayan dan petani, membebaskan mereka dari tekanan finansial yang selama ini dialami. Hashim menyatakan, “Pak Prabowo dan Mas Gibran, pada hari kedua dan ketiga (setelah terpilih menjadi presiden dan wakil presiden), mereka akan menghapus semua utang itu. Akan dilakukan pemutihan.”

nelayan dan petani

Langkah ini diambil agar para petani dan nelayan dapat terhindar dari masalah keuangan, memungkinkan mereka untuk memperoleh pinjaman kembali guna mendukung kegiatan produksi mereka. “Kami akan melakukan pemutihan agar supaya jutaan petani dan nelayan bisa pinjam lagi. Tidak akan ditagih oleh bank-bank. Kita hapus. Mereka diberi hak pinjam lagi. Mau pinjam Rp 5 juta, Rp 10 juta, Rp 500 ribu, monggo. Pemerintah Prabowo-Gibran akan beri hak,” ungkap Hashim.

Dalam catatannya, Hashim mencatat bahwa terdapat sekitar 8 juta petani dan nelayan yang terjerat utang dari kredit usaha. Mereka menghadapi kesulitan dalam membayar utang pokok dan bunga, bahkan sebagian dari mereka telah berutang sejak tahun 1990-an dan 2000-an. Sebagian besar dari mereka akhirnya terpaksa bergantung pada rentenir dan pinjaman online. Oleh karena itu, Hashim menegaskan bahwa pemecahan masalah ini menjadi sangat mendesak.

Baca juga : keyakinan maruarar prabowo bisa hatrick kemenangan

Terkait dengan potensi dampak kebijakan pemutihan utang terhadap sektor perbankan, Hashim meyakinkan bahwa perbankan nasional tetap akan berada dalam kondisi yang sehat. “Kami jamin perbankan nasional tetap sehat. Tidak akan rusak. Bank itu tidak rugi karena utang lama diganti asuransi kredit, maka tidak rugi,” tambahnya.

sumber : Prabowo-Gibran2024

9dnews.info

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top