Mengaku Hobi game, Ini Game Lokal Favorit Gibran Rakabuming

Gibran Rakabuming Raka aktif mencoba berbagai game buatan Indonesia dan memiliki beberapa favorit dari hasil karya talenta lokal. Melalui akun Twitternya, cawapres nomor urut 2 tersebut membagikan informasi mengenai peluang dan industri game Indonesia, menyatakan bahwa beberapa game lokal tidak kalah dengan produksi perusahaan besar asing.

Baca juga : nobar bersama sukarelawan tkn prabowo punya mimpi timnas indonesia ikut piala dunia

Menurutnya, industri game Indonesia memiliki potensi yang luar biasa.

Gibran mengungkapkan bahwa ia telah lama bermain game dan secara rutin mencoba game buatan dalam negeri. Menurutnya, industri game Indonesia memiliki potensi yang luar biasa. Ia menyoroti beberapa game favoritnya, seperti A Space for the Unbound, Dreadout, Potion Permit, Selera Nusantara, dan Lokapala, yang menurutnya menunjukkan kemampuan talenta digital lokal bersaing di industri game yang masih didominasi oleh perusahaan asing.

“Saya nge-game udah sejak lama.. Sering nyobain game lokal, jadi tahu potensi luar biasanya industri game tanah air.. Beberapa yang nempel banget seperti A Space for the Unbound yang IMO kualitasnya oke dan diapresiasi secara global. Kamu punya game lokal favorit apa?,” tanya Gibran ke warganet.

Gibran menulis secara total, 17 subsektor industri kreatif di Indonesia menyumbang Rp 1.300 triliun dan menyerap 22 juta tenaga kerja, termasuk industri game di Tanah Air. Gibran menilai subsektor ini berpotensi luar biasa besar. Sayangnya, pasar di Tanah Air justru didominasi game produk asing dah bukan buatan lokal.

 Gibran merasa bahwa game-game yang disebutkan merupakan bukti bahwa talenta digital lokal mampu bersaing di industri game, yang nilai pasarnya disebutnya mencapai Rp 25 triliun pada tahun 2022. Meskipun begitu, hanya sekitar 0,5% dari nilai tersebut, sekitar Rp 12,5 miliar, dinikmati langsung oleh pengembang lokal. Gibran yakin bahwa industri game lokal sedang mengalami perkembangan positif, dengan 98 pengembang game lokal yang terus bertumbuh, dan proyeksi jumlah pemain game Indonesia pada tahun 2025 mencapai 192 juta orang.

 Sebagai akhir dari keterangannya, Gibran mengajak untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak kreatif Indonesia agar dapat menjadi tuan rumah di negeri mereka sendiri. Ia juga menyatakan dukungan terhadap hilirisasi digital untuk mendorong lebih banyak talenta digital menghasilkan karya yang memadai untuk memenuhi kebutuhan industri.

Sumber: prabowo – Gibran 2024

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top