Kaesang: Prabowo Ekselen dalam Debat Capres

Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, memberikan penilaian positif terhadap penampilan calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, dalam debat ketiga Pilpres 2024. Menurutnya, Prabowo mampu mengungkapkan gagasan dan merespons pertanyaan dengan sangat baik.

“Saya melihat bahwa Prabowo jauh lebih unggul dibandingkan kedua calon presiden lainnya,” ungkap Kaesang setelah menyaksikan bersama kader PSI acara debat ketiga Pilpres di Kota Pekanbaru, Riau, pada malam Minggu. 

Sumber foto : Prabowo Gibran

“Walaupun terlihat seperti berdebat dengan dua lawan sekaligus, itu adalah dinamika politik. Saya tetap berpendapat bahwa penampilan Pak Prabowo sangat impresif,” tambah Kaesang.

Terlihat bahwa para relawan dan kader PSI sangat bersemangat saat menonton debat tersebut, bahkan bersorak-sorai ketika Prabowo mampu memberikan jawaban yang kuat terhadap pertanyaan dari kedua calon presiden lainnya, yakni Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

“Hidup Prabowo!” seru para pendukung pasangan Prabowo-Gibran.

Sementara itu, calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, mengungkapkan sedikit kekecewaannya terhadap narasi yang disampaikan oleh kedua calon presiden lainnya, yaitu Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, dalam debat ketiga Pemilihan Presiden 2024 yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, pada malam Minggu.

Prabowo menyebut bahwa ada kesalahan dalam data yang disampaikan oleh Anies dan Ganjar, serta beberapa narasi yang dianggapnya menyesatkan.

“Saya ingin memberikan sedikit komentar. Saya merasa agak kecewa terhadap kualitas narasi yang disampaikan oleh pasangan calon yang lain. Menurut saya, ada banyak kesalahan dalam data yang mereka sampaikan. Selain itu, isu pertahanan nasional seharusnya tidak digunakan sebagai alat untuk mencari poin politik, terutama bagi seorang negarawan,” ujar Prabowo dalam jumpa pers setelah debat di Istora Senayan.

Prabowo menegaskan bahwa kebijakan pertahanan yang telah ia rancang selalu bersifat transparan, terutama di hadapan anggota Komisi I DPR RI yang merupakan wakil rakyat. Oleh karena itu, Prabowo merasa bahwa narasi yang mencoba menggambarkannya sebagai sosok yang tidak transparan tidak pantas.

“Semua masalah anggaran pertahanan telah dibahas secara terperinci di Komisi I DPR RI, telah diawasi dan diperiksa dengan teliti. Semua sudah mendapat persetujuan. Jadi, saya rasa aneh jika ada yang mencoba meragukan transparansi tersebut,” tegas Prabowo, merujuk kepada partai politik yang mendukung Ganjar maupun Anies.

Prabowo pun meminta kepada kedua calon presiden lainnya agar tidak menggunakan narasi yang dapat menyesatkan. Ia meyakini bahwa seorang negarawan seharusnya tidak melakukan hal tersebut.

“Kita harus bertindak sebagai negarawan. Keselamatan bangsa harus menjadi prioritas utama. Kita membutuhkan persatuan dan keselamatan. Janganlah ambisi ingin menjadi presiden membuat kita berbicara seenaknya. Sejujurnya, saya merasa agak kecewa dengan hal ini, tetapi tidak masalah,” ungkapnya dengan suara lirih.

Setelah melewati debat pertama pada tanggal 12 Desember 2023 dan debat kedua pada tanggal 22 Desember 2023, KPU menggelar debat ketiga yang kembali mempertemukan para calon presiden.

Tema debat ketiga yang diselenggarakan oleh KPU mencakup isu-isu seperti pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Sebagai informasi tambahan, KPU telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3. Kampanye pemilihan presiden berlangsung mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, dengan pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga : Strategi Prabowo Gibran untuk menangkan 50 suara di sulawesi barat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top